Hospital Public Relation and Marketing MKD-374 A Administrasi Rumah Sakit (Semester 6)
Mata kuliah ini mengkaji tentang falsafah dan fungsi manajemen yang diekspresikan melalui kebijaksanaan dan kegiatan-kegiatan untuk melayani kepentingan public, melakukan kegiatan komunikasi bagi publiknya untuk menciptakan pengertian dan goodwill dari publiknya serta proses perencanaan, penerapan serta pengevaluasian program- program yang membolehkan terbentuknya pembelian serta pemuasan konsumen( nasabah) lewat komunikasi yang baik menimpa impresi dari industri serta produk- produknya cocok dengan kebutuhan, kemauan, atensi serta kesan dari konsumen.
BAHAN KAJIAN:
- Konsep ruang lingkup dan dasar hukum pelayanan pelanggan
- Perkembangan paradigma dari perspektif konsep, teori dan mampu mengidentifikasi ciri-ciri paradigma old public
- Ruang lingkup layanan dan membedakan layanan administrasi dan non administrasi
- Perbedaaan barang dan jasa dalam layanan kesehatan di rumah sakit
- Karakteristik pelayanan,mekanisme pelayanan dan standart pelayanan
- Teknik membangun profesionalisme dalam pemberian layanan
- Service value dan service delivery
- Budaya, etika dan kode etik dalam layanan dirumah sakit
- Indetifikasi solusi tentang keluhan pelanggan dan mengukur kualitas layanan
- Transparansi,tentang akuntabilitas, ,responsibilitas,partisipasi publik, dan integritas pelayanan
- Kepuasan pelanggan berdasarkan standart pelayanan dan indeks pelayanan serta indeks kepuasan dalam memasarkan rumah sakit pada konsumen
- Inovasi pelayanan public seperti: E-service, Citizen charter, serta one stop service dalam upaya peningkatan market rumah sakit
- Penerapan inovasi pelayanan public
- Public relation sebagai startegi market rumah sakit
Teacher: Lailatul Kodriyah, S. Kep, Ns